Libur Panjang Hari Kemerdekaan, PT KAI Daop 8 Surabaya Tambah 14 Perjalanan Kereta Api - Line News Today

Jumat, 14 Agustus 2020

Libur Panjang Hari Kemerdekaan, PT KAI Daop 8 Surabaya Tambah 14 Perjalanan Kereta Api

Penumpang Kereta Api di Stasiun Gubeng Surabaya
Line News Today (Surabaya): Menghadapi lonjakan penumpang pada libur panjang HUT Republik Indonesia ke-75, PT KAI Daop 8 Surabaya menambah 14 perjalanan kereta api. Penambahan perjalanan kereta api ini juga karena jumlah penumpang kereta terus meningkat sejak dihentikannya pembatasan sosial berskala besar. 

Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, sebanyak 14 perjalanan kereta api yaitu empat perjalanan kereta api jarak jauh dan 10 perjalanan kereta api lokal yang mulai beroperasi di bulan Agustus 2020. "Empat kereta api jarak jauh ini kembali dioperasikan setelah dihentikan sementara operasionalnya selama masa PSBB pendemi Covid-19," ungkapnya, Jumat (14/8/2020).

Sebanyak empat perjalanan kereta api tersebut terdiri dari dua kereta tujuan Jakarta melalui Bandung dan dua kereta tujuan Ketapang, Banyuwangi. Sementara kembalinya 10 perjalanan kereta api lokal ini berarti perjalanan kereta api lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya praktis sudah beroperasi semua seperti kondisi normal.

"Di bulan Agustus ini, ada 46 perjalanan kereta api lokal yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. Penambahan perjalanan kereta api ini untuk mengantisipasi lonjakan peningkatan penumpang dalam liburan memperingati HUT RI Ke-75. Peningkatan jumlah penumpang di bulan Agustus ini karena berbagai faktor," katanya. 

Suasana di Stasiun Gubeng Surabaya
Seperti adanya diskon tiket kereta api menyambut HUT RI Ke-75, penambahan jadwal perjalanan secara bertahap dan hadirnya layanan rapid test Covid-19 dengan harga terjangkau di stasiun. Sehingga di bulan Agustus 2020 ini, di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya terdapat 65 perjalanan kereta api penumpang yang beroperasi, sebanyak 46 kereta api lokal dan 19 kereta api jarak menengah serta jauh. 

"Kami juga menyediakan layanan rapid test covid-19 seharga Rp85 ribu di tiga stasiun kelas besar, yakni Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Malang. Ketiga stasiun ini merupakan stasiun pemberangkatan awal bagi pelanggan yang akan naik kereta api jarak jauh," ujarnya. 

Meski terjadi peningkatan perjalanan kereta api, PT KAI Daop 8 Surabaya tetap berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Sehingga, lanjut Suprapto, masyarakat dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta api dengan aman, selamat, nyaman dan sehat sampai di stasiun tujuan. 

Salah satu penumpang, Indah Kusmayanti mengaku, tak keberatan meski harus menambah biaya perjalanan dengan biaya rapid tes sebagai syarat utama naik kereta api selain tiket. "Tidak ada masalah sih, kalau memang harus ada biaya rapid test. Karena ini juga demi kesehatan dan kenyamanan penumpang," ujarnya.*(Ning).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda