Angin Kencang Menyapu Dua Wilayah di Kabupaten Mojokerto - Line News Today

Senin, 26 Oktober 2020

Angin Kencang Menyapu Dua Wilayah di Kabupaten Mojokerto

Pohon tumbang di Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto

LN News Today (Mojokerto)Angin kencang akibat cuaca ekstrem menyapu dua wilayah di Kabupaten Mojokerto, Senin (26/10) sore. Dua wilayah yang terdampak angin kencang kali ini, yakni Kecamatan Kemlagi dan Kecamatan Kutorejo.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mochamad Zaini mengatakan, berdasarkan peringatan dini dari  BMKG, pada pukul 13.15 WIB, di wilayah Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto telah diguyur hujan dengan intensitas sedang yang disertai angin dengan kecepatan 35-40 kilometer per jam. 

“Dengan kecepatan angin yang sekian kencang, maka mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Pohon tumbang tersebut tumbang menimpa rumah warga di Dususn Pilanggrowok, Desa Mojopilang,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui ponselnya.

Zaini menjelaskan, jenis pohon akasia yang tumbang dan menimpa atap dapur satu rumah warga milik Ripah di Dusun Pilanggrowok RT 02 RW 01 Desa Mojopilang Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. Pohon tersebut berdiameter kurang lebih 20 centimeter. “Hingga saat ini, kerugian matreial jumlahnya masih dalam proses perhitungan,” katanya.

Proses evakuasi pohon tumbang yang menutup jalan

Lokasi kedua yang terdampak angin kencang, yakni di Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Kejadian tersebut terjadi pada pukul 14.20 WIB. Kejadian di Kecamatan Kutorejo ini terjadi di beberapa titik.

“Ada beberapa pohon tumbang, ada 3 pohon jenis senggon tumbang menimpa sebuah kendaraan (truk) dan menutup akses jalan raya Desa Windurejo, Kecamatan Kutorejo,” terangnya.  

Adapun, beberapa dampak angin kencang terhadap warga, yakni Khoirul Fahmi yang rumahnya mengalami rusak ringan pada atap. Sriati yang tempat usahanya mengalami kerusakan berat. Hadi Purwanto, yang mengalami kerusakan berat pada atap bagian teras rumah.

Eka Kurniawan, mengalami kerusakan ringan pada bagian atap bengkel akibat tertimpa pohon mangga. Khusein mengalami kerusakan sedang pada bagian atap tempat usaha.

Tidak hanya itu, lanjut Zaini, ada pula satu fasilitas umum masjid di Dusun Wonokerto, Desa Windurejo, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Mengalami kerusakan berat pada bagian atap tempat parkiran dan atap bagian tempat wudlu. (Ning/Jne).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda