Peringati Sumpah Pemuda, Puluhan Komunitas Kolaborasi Gelar Aksi Sosial Donor Darah - Line News Today

Minggu, 25 Oktober 2020

Peringati Sumpah Pemuda, Puluhan Komunitas Kolaborasi Gelar Aksi Sosial Donor Darah

Pelaksanaan Aksi Sosial Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri

LN News Today (Mojokerto) - Guna memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober mendatang, puluhan komunitas yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur menggelar aksi sosial berupa donor darah. Kegiatan yang diikuti 40 komunitas rider ini digelar di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto, Minggu (25/10) pagi.

Stevanus, salah satu anggota club rider mengatakan, kegiatan Bakti Pemuda yang mengangkat tema Setetes Darah untuk Negeri ini sebenarnya sudah berlangsung sejak 20 Oktober kemarin. Hasilnya, hingga hari ini terhitung sudah ratusan kantong darah yang terkumpul.

"Donor darah ini sudah berlangsung sejak 20 Oktober kemarin, sampai hari ini terakhir. Kemarin-kemarin juga sudah berlangsung di beberapa desa-desa, karang taruna juga ada yang ikut donor. Kantong darah yang sudah terkumpul ada sekitar 131 kantong darah," ujar Stevanus.

Tidak hanya club rider saja, hari ini, komunitas suporter sepak bola, PSMP Mojokerto juga turut aksi Bakti Pemuda ini. Puluhan suporter PSMP ini mendatangi kantor PMI Kabupaten Mojokerto untuk menyumbangkan darahnya.

Stevanus berharap, kedepannya akan semakin banyak lagi komunitas-komunitas yang bergabung untuk menyumbangkan darahnya. "Selanjutnya semoga semakin banyak komunitas yang bergabung, menyumbangkan darahnya untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan," harapnya.

Anggota Komunitas Otomotif Donor Darah

Stevanus menambahkan, kedepan rencananya agenda Bakti Pemuda dengan tema Setetes Darah untuk Negeri bakal rutin digelar setiap peringatan Hari Sumpah Pemuda. Hal tersbeut bertujuan untuk menggerakkan pemuda-pemudi Indonesia untuk peduli sesama.

Sementara itu, Habib Mashuda (43) salah satu pendonor menyebutkan, pihaknya sampai saat ini sudah 25 kali melakukan donor darah. Habib mengaku, pihaknya rutin melakukan donor darah setiap tiga bulan sekali.

"Karena sudah rutin donor darah, jadi pas tidak donor itu malah badan merasa gak enak. Kayak berat, kepala belakang berat, gatal-gatal gitu," kata laki-laki yang tergabung dalam komunitas AACI selama dua tahun ini.

Petugas PMI Kabupaten Mojokerto cek golongan darah

Terpisah, Kasi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Mojokerto Didik Soedarsono menjelaskan, selama era normal baru ini, jumlah stok darah masing-masing golongan kurang dari 100 kantong. Sementara, kebutuhan per hari masih 10 kantong.

"Dengan adanya komunitas menggelar aksi donor darah, PMI mengucapkan terima kasih. Selain komunitas, upaya jemput bola juga sudah kami lakukan, menjadwal pabrik-pabrik untuk donor darah," bebernya.

Untuk diketahui, sejak 20 Oktober lalu, komunitas selain karang taruna yang sudah bergabung dalam aksi Bakti Pemuda, yakni Komunitas Supermusic Mojokerto MMS (Mojosari Metal Squad), MBC (Mojokerto Black Conspiracy). Komunitas game, Alcos Family dan Hello Gamers.

Komunitas Supersoccer MP Loyalis. Serta Komunitas Bold Riders, yakni YNCI, MOR15, SFMC, CB TAWON, DTPM, CCI, CFC, AAOCI. (Ning/Jne). 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda