Pelipatan Surat Suara di KPU Kabupaten Mojokerto Terapkan Protokol Kesehatan Ketat - Line News Today

Minggu, 29 November 2020

Pelipatan Surat Suara di KPU Kabupaten Mojokerto Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Pekerja saat melakukan sortir dan pelipatan surat suara Pilbup Mojokerto 2020

LN News Today (Mojokerto) - Proses pelipatan surat suara Pemilihan Bupati (Pilbup) Mojokerto 2020 mulai dikerjakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto. Dalam pelaksanaannya, para pekerja diwajibkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mulai memakai masker hingga jaga jarak selama melakukan sortir dan lipat surat suara. 

Muslim Buchori, Ketua KPU Kabupaten Mojokerto menjelaskan, agenda sortir dan pelipatan surat suara KPU Kabupaten Mojokerto dimulai sejak kemarin, Sabtu (28/11). "Yang kita lipat dan sortir ada kurang lebih 846 ribu surat suara dengan melibatkan 95 orang pekerja di hari kedua," ungkapnya, Minggu (29/11).

Dalam prosesnya, lanjut Muslim, pekerja wajib menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan saat pekerja masuk, saat proses sortir dan pelipatan juga diwajibakan menggunakan masker serta menjaga jarak antar pekerja. 

"Di dalam juga kita sediakan hand sanitizer. Sortir dan pelipatan surat suara ini, diprediksi selesai dalam waktu empat hari ke depan. Karena dari evaluasi kemarin, kita tambah pekerja untuk hari ini. Nantinya juga memang diperlukan tambahan pekerja akan kami tambah lagi," tuturnya. 

Muslim menambahkan, para pekerja ini merupakan para pekerja sortir dan pelipatan surat suara padanPemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu. Meski para pekerja sudah berpengalaman, namun Pjs Bupati Mojokerto, Himawan Estu Bagijo tetap memberikan pengarahan di hari pertama. 

"Kalau yang kemarin, hasilnya ada 603 surat suara yang rusak. Untuk hari ini, belum diketahui karena masih berlangsung. Untuk jam sortir dan pelipatan mulai jam 8 pagi sampai 4 sore, namun kalau masih ada sisa maka dilanjutkan karena satu pekerja per hari, satu boks surat suara atau 2.000 lembar," pungkasnya. (Ning/Jne). 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda