Peringatan Hari Pahlawan Bertajuk ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’, Pemkab Mojokerto Gelar Upacara - Line News Today

Selasa, 10 November 2020

Peringatan Hari Pahlawan Bertajuk ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’, Pemkab Mojokerto Gelar Upacara

Suasana pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 di Pemkab Mojokerto

LN News Today (Mojokerto) – Pjs Bupati Mojokerto, Himawan Estu Bagijo memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020. Peringatan Hari Pahlawan yang bertajuk ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’ ini digelar di halaman kantor Bupati Mojokerto, Selasa (10/11) pagi.

Upacara tersebut diikuti sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai di lingkup Pemkab Mojokerto, serta personil Polri dan TNI. Bertindak sebagai komandan upacara, yakni Komandan Koramil Jetis. 

Pada kesempatan kali ini, Pjs Bupati Mojokerto, Himawan Estu Bagijo membacakan amanat Menteri Sosial RI terkait peringatan Hari Pahlawan tahun 2020. Dalam amanat Menteri Sosial RI tersebut, berharap masyarakat Indonesia tetap mengingat jasa pahlawan dengan memperingati Hari Pahlawan.

"Meski di tengah Pandemi Covid-19, upacara dilakukan dengan jumlah yang terbatas dan dengan menerapkan protokol kesehatan, semoga bisa berlangsung hikmad," kata Himawan membacakan sambutan Mensos RI.

Dengan memperingati Hari Pahlawan ini, lanjut Himawan, diharapkan mampu menumbuhkan dan meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat dan mengenang jasa para pahlawan terdahulu.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 berlangsung hikmad

"Nilai-nilai kepahlawanan, seperti percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanu bari setiap rakyat di Indonesia. Semangat kepahlawanan sebagai motor penggerak untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini. Jika pemuda Indonesia bisa memahami nilai-nilai kepahlawanan, kita bisa mengatasi segala permasalahan di negeri ini,” imbuhnya.

Masih kata Himawan, jika para generasi penerus bangsa mampu memahami dan memaknai nilai kepahlawanan, Himawan menambahkan, Negeri ini mampu mengatasi segala permasalahan yang ada.

“Jika para pemuda bisa memahami makna kepahlawanan, kita pasti bisa mengatasi segala permasalahan di Negeri ini. Pada kesempatan ini, saya mengimbau untuk masyarakat agar berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan,” tandasnya.

Himawan menambahkan, apa yang selama ini sudah dilakukan para pahlawan, dinilai mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi generasi saat ini untuk meneruskan perjuangan pahlawan terdahulu. 

“Dulu berjuang dengan cara mengangkat senjata, sekarang berbeda, sekarang kita berjuang memerangi berbagai hal, seperti narkoba, radikalisme dan bahkan berjuang melawan Pandemi Covid-19 saat ini,” tuturnya.

Di akhir sambutan Menteri Sosial RI ini juga mengutip salah satu kalimat yang pernah disampaikan Sang Proklamator, Ir Soekarno. “Hanya bangsa yang bisa menghargai jasa pahlawannya, akan menjadi bangsa yang besar,” pungkasnya. (Jne).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda