56 PPS di Surabaya Positif Covid-19 - Line News Today

Selasa, 08 Desember 2020

56 PPS di Surabaya Positif Covid-19

Pelaksanaan tes swab massal terhadap PPS Kota Surabaya

LN News Today (Surabaya) -  H-1 jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, sedikitnya 56 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kota Surabaya diketahui positif Covid-19. mereka diketahui terpapar virus corona usai menjalani tes swab masal bersama 5.184 PPS lainnya. Dari 56 PPS yang terdeteksi terpapar virus corona itu, satu diantaranya harus dirawat di rumah sakit.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kota Surabaya, Agil Akbar saat dikonfirmasi di kantornya di Jalan Trenggilis Mejoyo Selatan, Selasa (8/12/2020). "Data kami menyebutkan ada 5.184 PPS Kota Surabaya yang mengikuti tes swab massal," tuturnya.

Hasil tes swab massal yang dilakukan di Gelanggang Remama beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa 56 PPS dinyatakan positif Covid-19. "Para petugas PPS yang positif tersebut sebagian menjalani isolasi mandiri dan sebagian lainnya isolasi di hotel Asrama Haji Sukolilo," jelasnya.

Masih kata Agil, para PPS yang diketahui positif Covid-19 ini telah mengikuti tes swab dua kali. Di tes swab pertama memang hasilnya positif Covid-19, dan hasil tes swab kedua menyatakan negatif, namun hanya ada satu yang hasil swabnya masih positif. "Satu orang ini dirawat di sebuah rumah sakit di Surabaya," terangnya.

Bagi para petugas PPS yang dinyatakan positif tersebut, lanjut Agil, dilarang bertugas saat pemungutan suara, meski pada swab kedua hasilnya negatif. Hal ini dikarenakan harus menjalani isolasi lagi selama 10 hari. "Mereka akan digantikan oleh petugas PPS lain yang sudah diswab dan hasilnya negatif," tukasnya. (Amdil/Jne).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda