H-1, Logistik Pilbup Mojokerto 2020 Mulai Didistribusikan ke 2.084 TPS - Line News Today

Selasa, 08 Desember 2020

H-1, Logistik Pilbup Mojokerto 2020 Mulai Didistribusikan ke 2.084 TPS

Logistik Pilbup Mojokerto 2020 mulai didistribusikan

LN News Today (Mojokerto) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Bupati (Pilbup) Mojokerto tahun 2020. Rencananya, pada H-1 pendistribusian surat suara sudah rampung di 2.084 Tempat Pemungutas Suara (TPS) yang tersebar di Kabupaten Mojokerto.

Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Muslim Bukhori mengatakan, pendistribusian logistik Pilbup Mojokerto tahun 2020 ini mulai dilakukan sejak Senin, (7/12/2020) pagi. Pendistribusian pada Senin, yakni surat suara ditargetkan sudah sampai di 18 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). "H-2 kami target sampai di PPK, kemudian H-1 dari PPK mulai disebar ke Panitia Pemungutan Suara (PPS)," terangnya. Selasa (8/12/2020).

Muslim menambahkan, logistik pemilu tersebut diangkut menggunakan kendaraan truk boks dengan pengamanan ketat oleh Polres Mojokerto dan Polresta Mojokerto. Tahapan pendistribusian yakni dalam rit pertama dan kedua masing-masing lima kendaraan dan rit ketiga delapan kendaraan.

"Adapun logistik pemilu yang distribusikan oleh KPU Kabupaten Mojokerto itu meliputi kotak suara beserta isinya dan bilik suara. Jumlah kotak suara sesuai 2.084 TPS dan ada tiga bilik suara di setiap TPS yaitu dua bilik utama dan satu bilik khusus. Pengamanan distribusi surat suara dilakukan menggunakan kendaraan tertutup," katanya.

Kapolres Mojokerto saat cek pendistribusian logistik Pilkada


Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi cuaca hujan lantaran mayoritas bahan logistik pemilu terbuat dari kertas. Kotak suara juga dilapisi plastik bening guna menghindari kerusakan jika terkena air. Sehingga KPU Kabupaten Mojokerto menggunakan mobil boks dalam pendistribusian
logistik pemilu.

"Seluruh logistik pemilu semuanya sudah terpenuhi 100 persen termasuk alat pengukur suhu badan dan sarung tangan latex. Buku panduan KPPS juga sudah didistribusikan, hari ini logistik pemilu utama juga sudah selesai didistribusikan. Untuk surat suara yang rusak, ada 4.500 lembar," jelasnya.

Muslim menambahkan, surat suara yang rusak hasil penyortiran dan pelipatan kini telah terpenuhi. Sedangkan, untuk Daftar Pemilihan Tetap (DPT) dalam di Pilbup Mojokerto Mojokerto yaitu sebanyak 823.014 pemilih.

"Total ada 846.617 lembar surat suara yang diterima KPU Kabupaten Mojokerto dan 2.000 lembar untuk cadangan. Sehingga yang kita distribusikan sekarang ada 844.617 lembar kertas suara," pungkasnya. (Ning/Jne).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda