Polres Mojokerto Gelar Apel Bersama Penandatanganan Kesepakatan Donor Darah Plasma Konvelesen - Line News Today

Kamis, 21 Januari 2021

Polres Mojokerto Gelar Apel Bersama Penandatanganan Kesepakatan Donor Darah Plasma Konvelesen

Giat Apel Bersama Penandatanganan Kesepakatan Donor Darah Plasma

LN News Today(Mojokerto) - Polres Mojokerto menggelar Apel Bersama Penandatanganan Kesepakatan Donor Darah Plasma Konvelesen di halaman Mapolres Mojokerto, Kamis (21/1/2021). Sebanyak kurang lebih 50 orang penyitas Covid-19 mendonorkan darahnya dalam kegiatan tersebut. 

Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander mengatakan, Polres Mojokerto bersama stakeholder terkait memfasilitasi masyarakat sebagai penyitas Covid-19 untuk bisa membantu masyarakat yang masih terpapar Covid-19 dan berjuang untuk kesembuhan mereka. 

"Karena sesuai survei yang ada untuk donor plasma konvalesen sangat mempunyai efektivitas yang cukup baik dalam rangka untuk membantu pasien Covid-19 dalam proses kesembuhan. Plasma darah konvalesen yang sudah terkumpul akan dilakukan skrining," ungkapnya.

Sebanyak kurang lebih 50 orang penyitas Covid-19 dari TNI/Polri dan ASN yang ikut donor darah plasma konvelesen tersebut, kan diuji di PMI Sidoarjo. Pasalnya, plasma darah konvelesen tersebut akan dilakukan skrining terlebih dahulu.  

"Harapannya, Mojokerto nantinya mempunyai plasma darah konvalesen yang akan diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang membutuhkan atau yang masih berjuang dalam kesembuhan yang bersangkutan. Dengan prioritas untuk pasien Covid-19 dengan gejala berat dan sangat membutuhkan plasma darah konvalesen," katanya.

Kapolres Mojokerto, Akbp Dony Alexander Saat Penandatangan

Dari survei yang sudah dilaksanakan bersama, lanjut Kapolres, plasma darah konvelesen sangat efektif untuk membantu kesembuhan masyarakat yang menderita dan masih berjuang dalam proses kesembuhan dari Covid-19.  

"Polres Mojokerto akan mendirikan posko berkoordinasi dengan PMI untuk mengambil darah tersebut dan nanti akan dikirimkan ke PMI Sidoarjo. Di PMI Sidoarjo dan akan di cek sesuai dengan kekuatan imun atau pun juga kekuatan dari darah tersebut untuk bisa diambil plasma darah konvelesen," ujarnya. 

Kapolres menghimbau kepada seluruh masyarakat Mojokerto untuk bersama-sama membantu sesama dengan mendonorkan darah plasma konvelesen. Kapolres mengingatkan agar masyarakat khususnya di wilayah hukum Polres Mojokerto untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. 

"Karena disiplin adalah vaksin yang paling tepat untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polres Mojokerto," pungkasnya.*(Ning).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda