Galian C Jatidukuh Ditutup Satpol PP Kabupaten Mojokerto - Line News Today

Selasa, 06 Juli 2021

Galian C Jatidukuh Ditutup Satpol PP Kabupaten Mojokerto

Satpol PP Kabupaten Mojokerto menutup lokasi galian C di Desa Jatidukuh, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto


LN News Today(Mojokerto)
- Lokasi galian C di Desa Jatidukuh, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto ditutup anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mojokerto. Penutupan dilakukan menyusul pemilik tambang tidak membayar pajak kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto. 

Petugas menutup dua pintu atau akses keluar masuk ke lokasi pertambangan yaitu pintu bagian utara dan pintu bagian selatan. Penutupan akses masuk tersebut dengan cara petugas pemasangan portal dan papan bertulisan penutupan sementara aktivitas penambangan. 

Lokasi galian C tersebut merupakan milik Widhi Sulthon Wahyudi. Pemilik menunggak pajak selama 1,5 tahun. Penertiban setelah Satpol PP Kabupaten Mojokerto mendapatkan pelimpahan rekomendasi dari Bapenda Kabupaten Mojokerto karena lokasi galian C tersebut tidak tertib membayar pajak.

"Galian itu ada ijinnya lengkap dan kita pakai perda retribusi daerah, kita dapat pelimpahan dari Bapenda terkait retribusi daerahnya. Hanya satu ini dan kalau ada pelimpahan dari Bapenda ya kita tindak lanjuti," ungkap, Kepala Satpol PP Kabupaten Mojokerto, Noerhono, Selasa (6/7/2021). 


Sehingga sesuai dengan Perda Kabupaten Mojokerto Nomor 01 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah sebagaimana diubah dengan Perda Nomor 01 Tahun 2018, maka dilakukan penutupan. Noerhono menjelaskan, tugas Satpol PP merupakan penegak Peraturan Daerah (Perda). 

"Sehingga saat ada pelimpahan rekomendasi dari Bappeda terkait penunggakan pajak maka akan dilakukan penertiban. Khusus yang penunggak pajak daerah, kami akan lakukan penertiban yakni penutupan. Seperti hari ini, kita menutup lokasi galian C di Desa Jatidukuh, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto," jelasnya. 

Penertiban galian C di wilayah Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto tersebut dilakukan bersama bersama TNI/Polri, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Bagian Umum, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah (Bakesbangpol) serta pihak Kecamatan Gondang.*(Ning) 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda