Sejumlah Komunitas Gelar Upacara Bendera di Pusat Kerajinan Industri Patung Batu Trowulan Mojokerto - Line News Today

Selasa, 17 Agustus 2021

Sejumlah Komunitas Gelar Upacara Bendera di Pusat Kerajinan Industri Patung Batu Trowulan Mojokerto

Upacara 17 Agustus di Gulo Klopo Art Galeri Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. 

LN News Today(Mojokerto) - Sejumlah komunitas di Mojokerto menggelar upacara bendera Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 di Gulo Klopo Art Galeri yang ada di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Bendera ukuran 2x4 meter dipasang di tengah halaman Gulo Klopo Art Galeri. 

Dengan menerapkan protokol kesehatan, memakai masker dan jaga jarak, anggota sejumlah komunitas seperti Mojokerto Black Konspirasi, Mesin Sampink, Gembel Majapahit, Gulo Klopo Art Galeri, Kuno Kini, Bold Rider, Djarum, Haik 99, SMKN 1 Trowulan serta budayawan menjadi peserta upacara bendera.

Sebelumnya anggota komunitas motor membawa bendera merah putih menggunakan kendaraan roda dua dan diberikan kepada Nanang Muni selalu penggagas. Bendera tersebut kemudian dibawa dan dibentangkan sebelum akhirnya dipasang di tengah halaman Guko Klopo Art Galeri yang menjadi lokasi upacara bendera. 

"Upacara kali ini digelar di tengah pandemi Covid-19 dan digelar di tengah-tengah pusat kerajinan industri patung batu yang ada di Trowulan. Ini suatu bukti, kami melestarikan sejarah masa lalu dengan industri patung patung terdampak langsung Covid-19," ungkap penggagas, Nanang Muni, Selasa (17/8/2021).


Para pelaku seni di Trowulan bersyukur meski dalam kondisi pandemi Covid-19 hampir 2 tahun dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, namun semangat perjuangan masa lalu dan patriotisme tidak menyurutkan para pelaku seni untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. 

"Kami berharap semoga hari kemerdekaan ini adalah merdeka jiwa dan raga, semoga Indonesia ini dibangun juga jiwa dan raganya, semoga pandemi secepatnya selesai dan Indonesia kembali menjadi suatu bangsa yang besar, semoga sejarah dari Covid-19 ini menjadi tonggak sejarah besar bahwa akan lahir satu peradaban besar di nusantara," katanya. 

Pihak yang berharap, semoga dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021 ini, lebih baik kedepan. Dan Indonesia terbebas dari ini Covid-19 walaupun merupakan cobaan bersama namun tetap harus percaya diri sebagai bangsa yang hebat.*(Ning). 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda