Masuk 10 Besar, Desa Ketapanrame di Kecamatan Trawas Menjadi Desa BRILian - Line News Today

Sabtu, 30 Oktober 2021

Masuk 10 Besar, Desa Ketapanrame di Kecamatan Trawas Menjadi Desa BRILian

Bupati Mojokerto, Ikhfina Fahmawati bersama kepala desa ketapanrame dan managemen BRI

LN News Today(Mojokerto) - Membuka rangkaian ulang tahun BRI yang jatuh setiap tanggal 16 Desember, Bank BRI menggelar Kick Off HUT BRI ke-126 pada Kamis, (28/10/2021) kemarin. Gelaran yang turut menggandeng band legendaris Padi Reborn ini mengambil tema 'Memberi Makna Indonesia'. 

Pada event HUT ke-126 bertema Memberi Makna Indonesia ini, BRI menjadikan Desa BRILian sebagai salah satu program kebanggaan. Desa BRILian merupakan desa binaan BRI yang memiliki empat aspek ekosistem. Keempat aspek tersebut meliputi BUMDes penggerak ekonomi aktif.

Implementasi digitalisasi, inovasi dan sektor usaha yang sustainable. Pada peringatan ultah BRI tahun ini, Desa BRILian yang terpilih akan mendapat bantuan dana BRI Peduli. Bantuan dana tersebut bisa digunakan untuk pembangunan desa, seperti renovasi jalan, gapura, jembatan, penerangan jalan, dan tempat ibadah.

Desa Ketapanrame di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto berhasil masuk dalam dalam daftar 10 Desa BRILian 2021 tahap 2. Desa Ketapanrame mendapat bantuan Rp1 milyar untuk pengembangan wisatanya dan pembangunan bersamaan dengan perayaan ulang tahun BRI ke 126.

Kepala Desa (Kades) Ketanpareme, Zainul Arifin mengatakan, keberhasilan Desa Ketapanrame masuk Desa BRILian merupakan buah manis dari hasil kerja keras semua pihak. "Salah satunya adalah peran BUMDes Ketapanrame yang aktif memberdayakan masyarakat desa dalam mengembangkan potensi wisata," ungkapnya. 


Desa Ketapanrame ini terdapat dua tempat wisata yang menjadi tujuan wisatawan Mojokerto maupun luar Mojokerto, yakni Taman Ghanjaran dan Wisata Sawah Sumber Gempong Bantuan sebesar Rp1 milyar tersebut untuk pengembangan wisata dan pembangunan. 

"Dana itu akan kami gunakan untuk sarana dan prasarana wisata di Sumber Gempong, Taman Ghanjaran, Pembangunan Guest House dan juga Gapura. Sebetulnya tidak hanya taman Ghanjaran dan Sumber Gempong, tetapi masih ada potensi ke depan yang akan kami kembangkan lagi di tempat lain di desa ini," ungkapnya. 

Sementara, Manajer Pemasaran Mikro BRI Panca Mojokerto, Adi Yudha mengatakan, mengatakan bahwa akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan di Desa Ketapanrame. "Baik itu terkait literasi keuangan maupun adopsi teknologi. Yang paling penting itu, Kades Ketapanrame punya roadmap ke depan sehingga bantuan tidak akan sia-sia," ujarnya.*(Ning). 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda