Razia Gabungan, Polsek Trowulan Hentikan Pickup Muat Kambing dari Blitar - Line News Today

Selasa, 07 Juni 2022

Razia Gabungan, Polsek Trowulan Hentikan Pickup Muat Kambing dari Blitar

Kapolsek Trowulan, Kompol Imam Mahmudi bersama petugas Disperta Kabupaten Mojokerto melakukan penyekatan di depan PPST. 

LN News Today(Mojokerto) - Polsek Trowulan Polres Mojokerto menggelar razia gabungan antisipasi Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada hewan ternak. Dari hasil razia, sebuah pickup dihentikan karena mengangkut kambing-kambing dari Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. 

Sekitar 16 truk dan pikup pengangkut barang terjaring razia petugas gabungan penyekatan hewan ternak di Jalan Raya Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Selasa (7/6/2022). Satu pickup diketahui mengangkut kambing-kambing dari wilayah Blitar. 

Razia gabungan tersebut digelar Polsek Trowulan Polres Mojokerto bersama Dinas Pertanian (Disperta), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mojokerto, Kodim 0815 Mojokerto di depan Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan (PPST). Razia tersebut dilakukan dalam rangka mengantisipasi mobilitas hewan ternak. 

Kapolsek Trowulan, Kompol Imam Mahmudi mengatakan, razia gabungan tersebut dengan sasaran kendaraan atau truk yang muat hewan ternak keluar masuk wilayah Mojokerto. "Ada total 16 kendaraan, 13 truk, 2 kendaraan bak terbuka dan 1 pickup yang kita hentikan saat melintas di jalur nasional ini," ungkapnya. 


Satu pickup tersebut setelah diperiksa membawa hewan ternak berupa kambing dari Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar hendak dibawa ke Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Pickup tersebut membawa 20 ekor kambing, namun setelah dilakukan pemeriksaan, kambing-kambing tersebut dalam kondisi sehat.

"Sudah diperiksa dari petugas Dinas Pertanian. Alhamdulillah kambing-kambing tersebut meski dari luar Mojokerto namun dalan keadaan sehat. Penyekatan kendaraan yang mengangkut hewan ternak terus dilakukan karena masih adanya wabah PMK di Kabupaten Mojokerto," ujarnya. 

Penyekatan mobilisasi hewan ternak dilakukan secara bergantian, tidak hanya dilakukan di wilayah perbatasan Mojokerto-Jombang saja. Namun juga di perbatasan Trawas, Kabupaten Mojokerto-Prigen, Kabupaten Pasuruan, Ngoro, Kabupaten Mojokerto-Pasuruan, Pungging, Kabupaten Mojokerto-Sidoarjo.*(ning). 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda